karya tulis

VN:F [1.9.17_1161]
Rating: 0.0/5 (0 votes cast)

Sebelum berbicara mengenai contoh karya tulis, ada baiknya kita mengenal definisi karya tulis itu sendiri. Karya tulis dapat di pecah menjadi dua kata yakni karya dan tulis. Kata “karya” menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti pekerjaan, hasil perbuatan, buatan, ciptaan (terutama karangan). Lebih jauh, KBBI menjelaskan arti “karya” dengan sebuah kalimat ini; novel Belenggu merupakan karya terkenal Armijn Pane.
Contoh karya tulisSedangkan kata “tulis”, tidak didefinisikan secara tunggal oleh KBBI. Ini mungkin karena kata “tulis” bukan merupakan kata benda. Sehingga KBBI menjelaskannya dengan menambah imbuhan untuk memperjelas. Misalnya;
“bertulis” dijelaskan sebagai; ada huruf (angka dsb) yang dibuat (digurat dsb) dengan pena (pensil, cat, dsb)
“menulis” dijelaskan sebagai; membuat hufur (angka dsb) dengan pena (pensil, kapur, dsb)
“tulis-menulis”dijelaskan sebagai perihal menulis (mengarang dsb).
“tulisan” dijelaskan sebagai hasil menulis, barang yang ditulis, cara menulis, karangan, (dl majalah, surat kabar, dsb atau yang berupa cerita, dongeng, dsb), buku-buku (karya-karya tulis dsb) gambaran, lukisan, batik (yg bukan batik cetak) suratan dengan tertulis.
Dari kedua definisi diatas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa definisi karya tulis adalah segala bentuk hasil olah pikir manusia yang dituangkan dalam tulisan. Sehingga jika merujuk pada definisi ini, setidaknya ada 2 macam contoh karya tulis. Contoh karya tulis tersebut adalah; karya tulis fiksi dan karya tulis non fiksi.
Karya tulis fiksi adalah karya tulis yang merupakan rekaan, khayalan, atau hasil imajinasi manusia. Contoh karya tulis fiksi antara lain; cerpen, novel dan puisi.
Jika cerpen adalah sebuah prosa mengenai kejadian dalam kehidupan seseorang, maka novel sedikit berbeda. Novel adalah karangan prosa panjang dan mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang disekelilingnya dan menonjolkan watak dan karakter dari tiap tokoh dalam cerita tersebut. Contoh novel Indonesia yang sangat terkenal adalah novel berjudul Ketika Cinta Bertasbih (KCB). Saking panjangnya cerita di novel ini sampai terbagi menjadi 2 buku. Salah satu hal yang cukup menonjol dari novel ini adalah sebuah pengajaran nilai-nilai moral yang terselip dalam setiap rangkaian cerita.
Jenis yang karya tulis yang kedua adalah karya tulis non fiksi. Sebagai kebalikannya karya tulis nonfiksi merupakan hasil olah pikir manusia yang melibatkan data dan informasi nyata dan terkadang menggunakan kaidah-kaidah penulisan yang baku. Contoh karya tulis non fiksi antara lain; opini, essay, artikel, dan laporan penelitian. Termasuk didalamnya skirpsi, thesis dan disertasi. Berikut ini ulasan contoh karya tulis diatas;
Opini dan essay adalah dua hal yang mungkin cukup lekat dengan kita sejak masa-masa sekolah. Entah itu dari tugas guru bahasa Indonesia atau dari berbagai lomba karya tulis. Kita mungkin sering mendengar jargon-jargon dalam lomba tersebut seperti ini; lomba penulisan opini, lomba penulisan essay, lomba karya tulis opini dan sebagainya. Padahal menurut kamus besar bahasa indonesia, opini dan essay memiliki pengertian yang sama.
Opini adalah pendapat, pikiran atau pendirian seseorang. Sedangkan essay (yang dalam KBBI di tulis “esai”) adalah karangan prosa yang membahas dari sudut pandang pribadi penulisnya. Dari informasi tersebut, kita bisa mengetahui bahwa sebenarnya esai dan “karya tulis berbentuk opini” adalah dua hal yang sama. Opini adalah isinya sedangkan esai karya tulisnya. Untuk mendapatkan contoh karya tulis jenis opini, kita bisa membukanya dari surat kabar. Hampir semua surat kabar yang beredar disekitar kita memuat karya tulis opini didalamnya. Beberapa surat kabar bahkan tidak hanya memuat satu, tapi beberapa opini sekaligus dalam terbitan hariannya.
Artikel adalah karya tulis lengkap misalnya laporan berita dalam surat kabar, majalah dan sebagainya.
Skripsi adalah karangan ilmiah yang wajib ditulis oleh mahasiswa sebagai bagian dari persyaratan akhir pendidikan akademisnya.
Tesis adalah pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen yang dikemukakan dalam karangan untuk mendapatkan gelar kesarjanaan dalam sebuah perguruan tinggi. Dalam hal ini KBBI menyamakan pengertian tesis dengan disertasi. Disertasi sendiri didefinisikan sebagai karangan ilmiah yang ditulis untuk memperoleh gelar doktor.
Demikian pembahasan dapat kangmoes sampaikan. Semoga pembahasan tersebut berguna bagi anda. Kangmoes terbuka atas masukan dan koreksi mengenai contoh karya tulis yang kangmoes bahas diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar